Promo ! Klik Ler..

Wednesday, March 3, 2010

Menangis keranaNya..

“Maka apakah kamu merasa heran dgn pemberitaan ini. Dan kamu mentertawakan dan tidak menangis” 
 
Penjelasan Manusia umumnya menangis krn sedih dan kadangkala juga menangis krn bahagia seperti menyambut kedatangan orang yg dicintai tapi kadangpula krn lapar seperti anak bayi. Ibnu Qoyyim seorang ulama abad ke-7 Hijriyah menyebutkan ada 10 macam menangis.

Namun menangis yg paling bermanfaat dan sehat adlh menangis krn Allah SWT. Karena itu menangis krn Allah SWT itu dianjurkan oleh Al Qur`an dan dipraktikkkan oleh Rasulullah SAW dan para sahabat serta para ulama terpercaya. Di dalam salah satu riwayat Ibnu Mas`ud menceritakan bahwa suatu saat Rasulullah SAW meminta kepadanya agar membacakan Al Qur`an. Ibnu Mas`ud pun menimpali “Bagaimana aku membacakan Qur`an kepadamu ? padahal dia diturunkan kepadamu “.
Rasulullah SAW menjawab “Aku ingin mendengar dari orang lain”. Maka aku bacakan surat An Nisaa` sampai pada ayat Maka bagaimanakah apabila Kami datangkan seseorang saksi dari tiap-tiap ummat dan Kami mendatangkan kamu sebagai saksi atas mereka itu “. .
Rasulullah SAW bersabda” Sekarang cukup bacaanmu”. maka aku menoleh kepadanya ternyata kedua matanya meneteskan airmata “.

Demikian pula dalam suatu kejadian Rasulullah SAW berkhutbah kata Anas r.a “Belum pernah aku dengar khutbah seperti itu” “Kalau kalian mengetahui apa yg aku ketahui niscaya kalian akan sedikit tertawa dan banyak menangis” maka para sahabat menutupi muka mereka pada menangis sampai terdengar suara rintihan“.

Barangsiapa yg mudah menangis krn Allah SWT merupakan bukti bahwa orang tersebut lembut dan bersih hatinya. Dan orang yg susah menangis krn Allah SWT petanda kaku dan kurang bersih hatinya bisa jadi krn pengaruh maksiat dan dosa,maka hendaknya dia bertaubat kepada Allah SWT dan memperbanyak amal sholeh. Suatu hal yg menarik dialami oleh seorang ulama bernama Ibnul Jauzi bahwa beliau banyak belajar kepada para ulama namun yg paling berpengaruh kepada dirinya adlh seorang ulama yg banyak menangis ketika mengajarnya.

Contoh-contoh dari kehidupan para sahabat banyak sekali terutama Abu Bakar As-Shidiq ketika menjadi imam beliau banyak menangis demikian juga Umar bin Khattab meskipun beliau tegar dan keras tapi beliau banyak menangis sampai di pipinya tampak dua garis hitam dari aliran airmatanya. Demikian pula Ustman bin Affan Ali bin Abi Thalib serta sahabat-sahabat lainnya.
Sudahkah kita termasuk orang yg banyak menangis krn Allah SWT ??
Tepuk dada,tanya Iman..

Oleh Al-Islam - Pusat Informasi dan Komunikasi Islam Indonesia

No comments:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...